Cara Mempercepat Kinerja Windows 7

Kali saya akan memberikan sedikit tips untuk mempercepat kinerja komputer kita khususnya buat teman – teman yang menggunakan windows 7.

1. Uninstall / Hapus Program Yang Tidak Butuhkan
Perhatikan program/aplikasi yang tidak dibutuhkan atau yang tidak pernah di pakai yang terinstall dalam PC atau Laptop, hapus program tersebut karena program itu akan memakan banyak resource baik di harddisk maupun di RAM, uninstall saja program tersebut dengan cara :
klik [Start] -[Control Panel] - [Uninstall a Program] silahkan hapus program yang tidak dibutuhkan.

2. Defragment Harddisk
Defragment Harddisk ini dilakukan untuk memperbaiki struktur dari harddisk dan memperbaiki file-file yang terpencar akibat dari seringnya komputer di install atau program yang sering di uninstall. Defragment Harddisk bisa anda lakukan dengan cara :

klik [Start] - [All Program] - [Accessories] - [System Tools] - [Disk Defragmenter] silahkan lakukan defragment terhadap semua harddisk.

3. Minimalkan Program Yang Bekerja Pada Saat StartUp
Aplikasi atau program yang bekerja pada waktu StartUp Windows akan berjalan secara otomatis saat PC atau Laptop dinyalakan. Itu artinya komputer membutuhkan waktu tambahan untuk membuka program-program tersebut. Padahal tidak semua aplikasi tersebut digunakan, ini berakibat PC atau Laptop pada saat melakukan StartUp sangat lambat. Untuk menghilangkan aplikasi yang bekerja pada waktu startup lakukan dengan cara :
klik [Start] - [Run] ketik [MsConfig] - [OK] - [Startup] silahkan hilangkan centang dari aplikasi atau program yang tidak dibutuhkan, klik [OK] restart PC atau Laptop.

4. Hapus Data Yang Tidak Penting
Data yang tersimpan dalam PC atau Laptop membutuhkan ruang harddsik, sebaiknya semua data-data yang tidak terlalu penting di hapus saja. Karena data-data yang memenuhi harddisk bisa membuat kinerja PC atau Laptop menjadi lambat. Jangan lupa buang juga data-data yang berada pada kotak sampah atau recycle bin, temporary folder dan cache internet browser. Periksa dulu sisa ruang harddisk dengan cara :

klik [My Computer] pada drive yang akan diperiksa klik kanan dan pilih [Properties] (Used Space/Ruang Yang Terpakai dan Free Space/Yang Masih Kosong atau sisa Ruang Kosong).

5. Non-Aktifkan Visual Effect
Hilangkan sedikit efek-efek yang kurang penting. Effect Visual Windows 7 sangat berpengaruh terhadap kinerja kecepatan Windows 7. Langkah-langkah untuk mengurangi/menghilangkan Visual Effect Windows 7 adalah,

klik [Start] ketik [System Properties Performance] pada kotak [Search] pilih aplikasi yang muncul. Pilih tab [Visual Effects] hilangkan centang tidak penting, klik [OK].

6. Periksa Virus pada PC atau Laptop
Saya sarankan agar memasang Anti Virus yang selalu ter-Update, apalagi jika komputer sering digunakan untuk internet, maka sangat wajib Anti Virus terinstall pada PC atau Laptop, dan lakukan Scan PC atau Laptop minimal satu minggu sekali. Karena Virus dapat menyebabkan PC atau Laptop menjadi lambat kinerjanya, karena Virus biasanya dipanggil pada saat booting dan tinggal di memory. Bahkan beberapa virus sengaja memenuhi memory dan memperlambat kerja PC atau Laptop.

7. Non-Aktifkan System Index Search
Proses Index oleh Windows 7 bekerja setiap waktu dan memakai sejumlah memori. Terlebih lagi, proses ini membutuhkan space tersendiri di harddisk untuk menyimpan file yang terindeks. Semakin banyak file di dalam komputer maka semakin banyak pula kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan.  Non-aktifkan proses index agar performa Windows 7 menjadi lebih baik, dengan cara :

klik [Start] pada kotak [Search] ketik [Services.msc] tekan [Enter] cari [Windows Search] dan pilih [Stop] atau [Disable].

8. Percepat Proses Shutdown Komputer
Dalam proses shutdown Windows 7 memang sudah cukup cepat, tapi ga ada salahnya jika kita menghendaki yang lebih cepat lagi dari fitur bawa-anya, caranya :

klik [Start] ketik [Regedit] pada kotak [Search] tekan [Enter] lalu cari dan buka [HKEY-LOCAL_MACHINE] [SYSTEM] [CurrentControlSet] [Control] bagian kanan klik kanan pada [WaitToKillServiceTimeOut] pilih [Modify] kemudian ubah nilai defaultnya menjadi lebih kecil. Klik [OK]

9. Non-Aktifkan Service Yang Tidak Dibutuhkan
Me-nonaktifkan service yang tidak diperlukan dapat meningkatkan kecepatan booting system PC atau Laptop. Berikut diantaranya beberapa service yang berpengaruh pada komputer, diantaranya :
  • Application Experience;
  • Diagnostic Policy Service;
  • Distributed Link Tracking Client;
  • IP Helper;
  • Offline Files;
  • Portable Device Enumerator Service;
  • Protected Storage;
  • Secondary Logon;
  • Security Center;
  • Tablet PC Input Service;
  • TCP/IP NetBIOS Helper;
  • Windows Error Reporting Service;
  • Windows Media Center Service Launcher.
Langkahnya menon-aktifkan Service tersebut :

klik [Start] ketik [Services] pada kotak [Search] klik kanan pada Service yang ingin diubah statusnya, pilih [Properties] pada startup type tentukan yang anda mau, pilihan diantaranya : [Automatic (Delayed Start)] – [Automatic] – [Manual] – [Disable]. Klik [OK] lalu [Restart] PC atau Laptop.

Demikian Tips yang saya berikan, mudah-mudahan dapat membantu. Dan saya berharap semoga Tips ini dapat memberikan sedikit tambahan informasi buat teman-teman dan dapat berguna bagi khalayak umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar